Ukuran sukses musisi saat ini tidak hanya penjualan album atau konser, tetapi juga seberapa banyak video unggahan ditonton. Menyusul dua pementasan yang sold out di tempat bergengsi Madison Square Garden, New York, Maroon 5 meluncurkan video musik “Girls Like You” Volume 2. Peluncuran itu juga menandai berakhirnya tur keliling AS untuk mempromosikan album keenam mereka, Red Pill Blues.
Diluncurkannya video kedua “Girls Like You” tak lepas dari sukses berat yang dibukukan video pertama. Video orisinal lagu ini dirilis ketika Maroon 5 melakukan kick off tur Red Pill Blues di AS pada Mei lalu. Hanya dalam waktu kurang dari lima bulan, video tersebut telah ditonton lebih dari 1 miliar kali! Sukses tersebut sejalan dengan sukses single “Girls Like You” yang memuncaki berbagai daftar tangga lagu populer.
[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=cBVGlBWQzuc&feature=youtu.be” width=”640″ height=”480″ autoplay=”yes”][su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?t=17&v=fW-GgbZjC68″ width=”620″ autoplay=”yes”][/su_youtube]
Tercatat, single resmi ketiga dari album Red Pill Blues itu berhasil memuncaki posisi teratas Billboard Hot 100 selama 4 pekan berturut-turut. Single tersebut juga memuncaki Hot AC selama 11 pekan berturut-turut dan juga menjadi nomor satu di Top 40. Tak ketinggalan, lagu ini juga memuncaki tangga lagu Radio Songs selama 12 pekan berturut-turut dan menjadikannya sebagai yang terlama berada di puncak pada abad ini yang dilakukan grup atau duo.
“Girls Like You” versi baru yang menampilkan penyanyi rap Cardi B kini juga tersedia pada Deluxe Edition Red Pill Blues. Berkat kesuksesannya, album keenam Maroon 5 ini pun diganjar platinum. Dengan selesainya tur keliling dunia, Maroon 5 kini juga sedang merencanakan akan kembali menggelar tur tahun depan. [*/ACA]
Foto: dokumen Youtube
Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 23 Oktober 2018.